RESEP ROTI CANE/ ROTI MARYAM

Posted by Unknown on 29 December 2012

RESEP ROTI CANE/ ROTI MARYAM
Jenis makanan dari india yang sudah populer di Asia Tenggara seperti di Indonesia, Malaysia dan Singapura. Perkembangannya Prata/ Cane/ Canai atau Roti Maryam yang biasa juga dihidangkan dengan kari atau kare kambing ini diolah dengan gaya yang berbeda dan memiliki khas di masing-masing daerah. Di indonesia sendiri mungkin yang paling populer adalah roti cane khas Aceh.

Bahan :
  • 500 gram tepung terigu
  • 175 ml air
  • 2 butir telur
  • ½ sdm garam
  • 1 sdm minyak samin
  • 100 gram mentega
CARA MEMBUAT ROTI CANE/ MARYAM :
  1. Campur air, garam, minyak samin dan telur. Masukkan tepung terigu, uleni adonan hanya sampai tercampur rata. Bulat-bulatkan adonan masing-masing per 70 gram, simpan dalam baskom dan tutupi dengan plastik. Diamkan sekitar 1 jam, supaya adonan tidak melawan ketika digilas.
  2. Ambil 1 adonan, gilas menjadi lingkaran dengan diameter kurang lebih 15 cm. olesi dengan mentega, lalu gulung memanjang. Gulung kembali menyerupai konde, sampai seluruh adonan habis. Diamkan 10 menit.
  3. Gilas kembali menjadi lingkaran dengan diameter kurang lebih 15 cm. Siapkan wajan anti lengket, taruh adonan lalu masak dengan api kecil. Bolak balik sampai sedua sisinya kecokelatan, angkat.
  4. Olesi lagi dengan mentega atau butter, lalu roti cane di kepruk menggunakan 2 buah sendok besar, supaya layer-layernya kelihatan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment